Rabu, 01 April 2015

Ikan Tongkol Balado (Simpel dan enakk!!)-



Sejujurnya baru pertama kali ini saya masak sendiri ikan tongkol.. hahaha.. #kemana ajaaaa.. Tiap belanja nggak tertarik buat beli ikan tongkol, bayangan saya ni ikan dagingnya keras, ntar anak-anak nggak mau makannya.

Sampai minggu lalu waktu belanja, kebetulan ketemu teman sesama Indonesia. Kami ngobrol soal ikan, trus saya tanya, kalau ikan tongkol biasanya dimasak apa? beliau bilang biasanya dibalado saja. Tapi teman saya ini nggak bisa ikut makan, karena alergi sama ikan tongkol. Bibirnya bisa bengkak kalo makan ikan tongkol. Jadi kalau masak hanya untuk suaminya saja.

Akhirnya saya coba deh beli 1 ekor ikan tongkol, yang beratnya kurang lebih 1kg. Pengen nyoba juga masak balado ikan tongkol. Biasanya pak suami suka masakan dengan bumbu balado. Untuk mengurangi kekhawatiran dengan kemungkinan bakal alergi ikan tongkol seperti teman saya, kulit ikannya saya kerok dengan pisau. Saya pernah baca cara ini bisa mengurangi kemungkinan alergi.

Alhamdulillah.. Semua suka ikan tongkol balado ini, anak-anak juga nggak protes dengan tekstur daging ikan tongkol yang menurut saya agak keras. Daaann.. semua lulus nggak ada yang alergi ikan tongkol. #goyang jempol# :D


Ikan Tongkol Balado
by Maya Taufiq

Bahan:
- 1 kg ikan tongkol, iris dengan tebal kurang lebih 1cm.. 
- 2 sdm air jeruk nipis untuk melumuri ikan
- garam, gula (sesuai selera)
- sedikit kaldu ayam / sapi bubuk (apabila suka)
- 5 sdm minyak goreng untuk menumis (saya pake olive oil)

Bumbu ulek kasar:
- 5 buah cabe merah besar, iris tipis (bisa ditambah cabai rawit bila suka pedas)
- 5 buah bawang merah, iris tipis
- 3 siung bawang putih, iris tipis
- 1 buah tomat ukuran sedang, iris kecil

NOTE: semua bumbu yang sudah diiris, ulek kasar. Jangan diblender, kalau diblender rasa beda.

Cara Membuat:
  1. Cuci ikan tongkol, lalu lumuri dengan jeruk nipis. Diamkan kurang lebih 10menit, lalu cuci kembali
  2. Beri ikan dengan sedikit garam dan merica bubuk, lalu goreng hingga matang
  3. Panaskan minyak pada wajan, masukkan bumbu ulek, garam, gula dan kaldu bubuk, tumis dengan api sedang, hingga harum dan matang
  4. Masukkan ikan tongkol yang sudah digoreng, aduk hingga tercampur dengan bumbu. Koreksi rasa dan sajikan
Note: Ikan yang digunakan bisa ikan apa saja ya, nggak harus ikan tongkol. Bisa ikan laut, ataupun ikan air tawar :)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar