Kamis, 05 Maret 2015

Tumis Tahu Buncis Tauco



Tumis tahu buncis tauco ini adalah menu masakan saya untuk makan malam hari ini. Waktu pagi buka kulkas eh.. masih ada tahu mentah yang ternyata expired date nya hari ini. Mikir dulu mau dimasak apa ini tahu ya.. Duduk diem dulu sambil cari wangsit.. #halah.. Ahaaa.. kan punya tauco yang dikasih sama teman, oleh-oleh dari mudik. Trus masih ada buncis yang udah lumayan lama diem dikulkas belum sempat di masak.

Wah.. bahan-bahan tadi pas banget kalo ditumis. Udah lama juga gak masak tumis-tumisan. Bau tauco memang agak menyengat ya teman-teman, kaya bau busuk gitu. Anak saya yang pertama waktu saya lagi masak dan dia masuk dapur langsung endus.. endus dan tanya "bundaaa... bau apa ini?". Eh tapi biar bau tauco bikin masakan jadi sedeppp dan gak bau lagi kok kalo sudah di campurkan ke masakan. Anak saya yang tadi bilang bau pas udah mateng tumisnya lahap tu maem pake tumis dan tempe goreng.

Sebagai pelengkap menu selain tumis ini saya juga memasak tempe goreng. Menunya sederhana bangetttt, Tapi kalo di Ruwais menu ini termasuk menu mahal. hehe.. Tempe 1 papan kalo di rupiahkan harganya kurang lebih 21 ribu, sedangkan tahu dengan berat 500 gram harganya 13 ribu. Jauh sekali ya dengan harga di Indonesia. :D





Di Ruwais sudah pukul 10.30 malam ni, kalau di Indonesia sudah dini hari. Beda waktu 3 jam lebih cepat Indonesia dengan UAE. Saya juga sudah ngantuk, tapi tanggung mau beresin resep ini dulu. :)

Tumis Tahu Buncis Tauco
by Rahmayanti Taufiq

Bahan:
- 500 gram Tahu putih, potong kecil lalu goreng sampai matang 
- 200gram buncis, potong menyerong
- 7 buah bawang merah, iris tipis
- 5 siung bawang putih, iris tipis
- 1 buah cabe merah besar, iris tipis. kalo suka pedas bisa ditambahkan cabe rawit
- 3 cm lengkuas, keprek
- 1 sendok teh munjung tauco
- 1 sendok makan kecap manis
- garam sesuai selera, tambahkan garam sedikit saja karena tauco sudah asin
- seujung sendok teh merica bubuk
- seujung sendok teh kaldu ayam bubuk (bila suka)
- 3 sendok makan minyak goreng, saya pakai olive oil
- 100 ml air

Cara Membuat:
1. Siapkan wajan, panaskan minyak lalu tumis irisan bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukkan irisan cabe merah dan lengkuas. tumis hingga cabe merah layu masukkan 50ml air, tambahkan tauco aduk.
2. Masukkan buncis, aduk sebentar hingga buncis terlihat mengkilap. lalu tambahkan 50ml air, aduk. masukkan tahu, tambahkan kecap manis, merica, kaldu ayam bubuk dan garam.. aduk dan masak hingga buncis matang.. jangan lupa di cicipi dulu ya sebelum di sajikan ;)


## ## Ternyata semalam saya gak kuat nahan kantuk. Nulis resep baru dapat separuh, saya tinggal tidur. Baru saya teruskan pagi hari. hehe..











Tidak ada komentar:

Posting Komentar